Jumat, 11 Desember 2015

Online Marketing



A.    DEFINISI
Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :
a. Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
b. Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
c. Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
d. Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
Berdasarkan definisi-definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa :
 Pemasaran (marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitanya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.

B.     PENGERTIAN ONLINE MARKETING

-          Pemasaran Internet atau pemasaran elektronik (bahasa Inggris: Internet marketing, e-marketing, atau online-marketing) adalah segala upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media elektronik atau Internet.

-          Online marketing  adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media internet. Internet yang merupakan salah satu penemuan mutakhir era globalisasi di bidang teknologi informasi sangat menguntungkan semua manusia di seluruh dunia untuk berbagi informasi dan berkomunikasi, termasuk berbagi informasi produk / jasa yang dijual.

C.    JENIS – JENIS ONLINE MARKETING
Berikut ini akan disajikan beberapa jenis / macam online marketing:
a.    E-mail marketing dan sales letter.
Pemasaran melalui email dan surat penawaran atau sales letter saat ini  menjadi andalan para marketer kelas dunia dalam memasarkan produk produknya secara online di internet. Cara kerjanya adalah mengirim email kepada seseorang atau beberapa  orang secara masal yang berisi hal hal di atas dan pada akhirnya menuju ke satu arah yakni 'penjualan'. Email adalah media dan sales letter adalah isinya.

b.    Video marketing
Video yang diunggah adalah bersifat publik (Youtube) yang artinya siapa saja dapat mengaksesnya. Dari video ini, seperti di Youtube bisa digunakan untuk menaruh link link. Dari sanalah datang pengunjung.

c.    Social media marketing
Misal Anda mempunyai 1000 teman di facebook itu artinya ada 1000 orang yang akan melihat update Anda. Apa artinya ini, artinya jika 10 % saja mengklik link yang disertakan di update status Anda maka itu adalah 100 pengunjung.

d.    Partnership / Affiliate Marketing (pemasaran metode afiliasi).
Para pengiklan yang menjual produknya dengan cara online bisa membangun jaringan afiliasi. Jaringan afiliasi adalah dengan melibatkan orang lain dalam penjualan produk yang ada. contohnya ialah www.amazon.com, www.tokobagus.com, www.kaskus.us, dan sebagainya.

e.    Search Engine Marketing (pemasaran menggunakan mesin pencari).
Jenis pemasaran ini melalui search engine seperti Google dan Yahoo. Sebagian besar orang yang tidak tahu di mana harus mencari dan mendapatkan informasi yang mereka inginkan biasanya mereka mencarinya di situs mesin pencari itu (Google atau Yahoo). Maka dari itu, jika perusahaan anda / usaha anda belum dikenali publik atau bahkan sudah dikenali banyak orang, cara paling istimewa dan spektakuler yang sebaiknya Anda lakukan yaitu berusaha untuk mendapat tempat teratas pada mesin pencari (Google atau Yahoo).

Jenis-jenis online marketing lainnya :

1. Affiliate (Afiliasi)

Pengertian Affiliate/Afiliasi adalah suatu progam yang disediakan oleh penyedia produk atau jasa yang jika seseorang melakukan pembelian atas nama anda, anda akan mendapatkan komisi dengan nominal sesuai dengan masing masing kebijakan penyedia produk.

2. Reseller/ Dropshipping

Pengertian Dropshipping adalah sebuah sistem pemasaran dimana anda hanya bermodalkan foto atau gambar sebuah produk di website penyedia produk untuk anda tawarkan kembali ke berbagai Social Media atau web/blog yang anda miliki. Keuntungan yang anda dapat ialah keuntungan dari selisih harga asli pada produk yang anda tawarkan, terserah anda karena barang dikirim bukan atas nama supplier produk tetapi atasnama anda. Jadi, disini anda menjadi seorang reseller atau menjual produk kembali tetapi tidak perlu stock barang, dan sibuk melakukan pengiriman barang hanya bermodalkan catalog contoh produk saja.

3. Publisher Adsvertisement (Penayang iklan)


Pengertian Publisher Ads adalah suatu partner yang menerima penyangan iklan bagi siapa saja yang ingin mengiklankan produknya di Website/ Blog yang dimiliki partner tersebut. Disini anda diharuskan untuk mempunyai Website/ Blog untuk menayangkan iklan seseorang jika anda menerima kerja sama dengan pengiklan. Tidak cukup itu, karena iklan akan telihat sia sia jika website yang anda miliki mempunyai pengunjung sedikit. Jadi konten yang bekualitas dan pengunjung website yang banyak akan menjadi nilai tambah dimata investor.

Progam yang sangat digemari dan yang paling fenomenal sa’at ini adalah  Google Adsense, dimana seseorang yang sudah mendaftarkan Website/ Blognya pada progam ini dan diterima oleh Google Adsense, akan diberikan sebuah script iklan untuk ditempelkan di Website yang anda punya.

4. Menjual Produk Sendiri

Memang ini adalah cara mutlak bagaimana menghasilkan uang dari internet, yaitu berjualan produk anda sendiri di internet. Semakin lama semakin banyak yang terjun dalam pemasaran online dan hal ini membuat semakin detik semakin banyak saingan dalam pemasaran di internet.

D.    KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ONLINE MARKETING

Kelebihan online marketing :
  1. Pemasaran bisnis online akan memberikan akses yang luas dari pelanggan potensial. Sudah diperkirakan bahwa beberapa miliar orang yang tersebar di seluruh dunia pasti menggunakan internet setiap harinya. Sehingga banyak pemasaran bisnis bagi sebuah kelompok besar hanya melalui internet.
  2. Internet merupakan satu-satunya media yang dapat melintasi batas-batas geografis serta nasional. Anda bisa menempatkan iklan di internet dan seluruh masyarakat di seluruh dunia pun bisa melihat iklan tersebut.
  3. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk mempromosikan bisnis di internet juga jauh lebih murah jika dibandingkan media pemasaran lainnya. Hal inilah yang memudahkan para pelaku bisnis kecil dan menengah untuk mengenalkan produk mereka.
  4. Internet memungkinkan Anda untuk selalu terhubung dengan pelanggan secara real time. Jika Anda menerapkan sistem diskon, Anda juga bisa dengan mudah mengirimkan email ke pelanggan dan mereka pun bisa langsung membeli produk Anda. Selain itu, internet juga memungkinkan Anda untuk bisa mengirimkan beberapa pesan di saat yang sama. Itu berarti bahwa Anda bisa mengirimkan newsletter kepada setiap pelanggan.
  5. Internet marketing dapat memungkinkan Anda untuk bisa mendapatkan umpan balik instan dari para pelanggan. Pelanggan bisa membiarkan Anda tahu tentang pengalaman yang mereka alami setelah menggunakan produk dan tersebut dan memungkinkan Anda untuk mengetahui apakah pelaku bisnis perlu membuat perbaikan layanan atau tidak.
  6. Internet marketing atau pemasaran online juga bisa menghemat waktu. Seseorang bisa mendapatkan semua informasi mengenai produk maupun jasa melalui internet, dengan begitu pelanggan bisa mengetahuinya.
  7. Internet marketing juga memungkinkan bisnis yanga Anda jalankan akan tersedia setiap hari selama 24 jam, itu berarti cara tersebut akan membantu meningkatkan penjualan dan keuntungan.

            Kekurangan Online Marketing :

  1. Meskipun jangkauan untuk pemasaran online sangat luas, namun biaya awal yang dibutuhkan untuk sebuah situs bisa saja tinggi. Semua itu termasuk biaya perangkat lunak yang diperlukan dan hardware serta biaya untuk pemeliharaan.
  2. Masih banyak para pelanggan yang menggunakan media tersebut hanyta untuk memiliki informasi lebih lanjut mengenai produk dan mereka lebih memilih untuk membelinya secar offline.
  3. Banyak para pelanggan yang tidak mahir menggunakan internet sehingga hal itu bisa menyebabkan Anda kehilangan para pelanggan.
  4. Adanya aturan perubahan perdagangan yang terus berkembang dalam pemasaran online. Semua itu pastinya membutuhkan suatu perhatian konstan dan pemantauan demi memastikan bahwa strategi pemasaran online yang Anda jalankan tidak terlihat out of date.
  5. Kerugian terbesar dari pemasaran online merupakan kerentanan terhadap segala kegiatan penipuan. Banyak sekali website yang tidak sah terlihat di situs-situs asli dan mereka merampok uang para pelanggan. Spamming juga menjadi salah satu tantangan terbesar bagi pemasaran online dan data rahasia pun akan dengan mudah dicuri oleh hacker.
  6. Pemasaran online tidak mempunyai sentuhan manusia secara langsung saat pelanggan membeli produk. Hal itu tentu saja akan menghambat prospek membangun hubungan yang memainkan peranan penting di dalam penjualan konstan.
  7. Pemasaran online sangat bergantung pada teknoligi sehingga sangat rentan terhadap kesalahan teknis.

E.     CONTOH ONLINE MARKETING





REFERENSI :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar