Kamis, 03 Desember 2015

Makalah Straight News



MAKALAH STRAIGHT NEWS











disusun oleh
Tiara Utami Putri
NRP      : 132050295
KELAS : D







ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS PASUNDAN
2015




KATA PENGANTAR

            Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, dan hidayah-Nya lah saya dapat menyelesaikan tugas Makalah Straight News. Saya berterima kasih kepada bapak Drs. Patria Hidayat selaku dosen mata kuliah Cyber Media yang telah membimbing dalam proses pembuatan tugas ini.
Saya sangat berharap tugas ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan bagi pembaca, khususnya bagi saya untuk mengetahui feature dalam kegiatan cyber yang berkembang pesat.
Saya  juga menyadari bahwa tugas ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu, saya berharap adanya kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa yang akan datang.

     


Bandung,  Desember  2015

                                                                                                                        

                                                                                                                   Penulis





BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Dalam dunia jurnalistik terdapat berita dan terbagi ke dalam berbagai jenis berita. Menurut Siregar dkk (1998:154),  berita jurnalistik yang muncul dalam surat kabar atau majalah berita dapat digolongkan menjadi empat. Masing-masing ialah berita langsung (stright/hard/spot news), berita ringan (soft news), berita kisah (feature), dan laporan mendalam (indepth report).. Straight news merupakan laporan langsung mengenai suatu peristiwa.
Berdasarkan latar belakang di atas, penulis berusaha untuk memaparkan tentang straight news yaitu mengenai definisi, karakteristik, jenis-jenis, teknik penulisan, dan disertai dengan contohnya.
1.2  Rumusan Masalah
1.2.1        Apa pengertian straight news ?
1.2.2        Bagaimana karakteristik straight news?
1.2.3        Apa saja jenis-jenis straight news?
1.2.4        Bagaimana teknik penulisan straight news?
1.2.5    Bagaimana contoh straight news?
1.3  Tujuan Penulisan
Makalah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada penulis khusunya, dan kepada pembaca umumnya tentang penulisan straight news.




BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Straight News
a)      Straight News adalah laporan kejadian yang harus disajikan dan dilaporkan kepada pembacanya dengan cepat, berisi pokok-pokok berita saja, bersifat informatif, singkat namun lengkap menjawab unsur 5W+1H dari berita.
b)      Straight news atau berita langsung adalah sesuatu yang fresh saat peristiwa itu terjadi, kemudian rentetan peristiwa tersebut di tulis dalam formula 5W + 1H dan ditulis sesuai dengan fakta yang ada dilapangan tanpa ada pengurangan sedikitpun. Straight news ini memiliki sifat yaitu beritanya lebih cepat basi bila dibandingkan dengan tulisan lain seperti feature, opini dan tulisan ilmiah , karena Straight news sifatnya bagus untuk dibaca saat peristiwa tersebut baru terjadi dan jika peristiwa yang terjadi sudah lama maka ketertarikan untuk dibaca menjadi berkurang.
c)      Menurut Lary Kurtzman dan Dennis G. Jerz (1999) berita lempang (hard news/straight news) ditulis dengan tujuan pembaca dapat menghentikan bacaannya kapan pun dia inginkan, dan dapat melanjutkannya lagi kapan pun dia mau. Tujuan penulisan berita lempang berbeda dengan penulisan feature atau artikel yang bertujuan untuk mendorong pembaca menyelesaikan bacaannya hingga ke akhir cerita atau tulisan tersebut. Oleh karenanya, tidak perlu membuat “kesimpulan” dalam sebuah berita lempang. Pembaca berita lempang biasanya mengakhiri bacaannya ketika merasa bosan, dan cenderung tidak banyak pembaca yang menyelesaikan hingga akhir tulisan.
2.2 Karakteristik Straight News
Didalam penulisan straight news ada 7 karakteristik yang perlu kita ketahui yaitu :

1.Aktualitas

Maksudnya adalah berita yang didapat langsung disampaikan saat itu juga. Seperti yang diawal tadi dijelaskan bahwa straight news memiliki sifat “cepat basi”, maka begitu berita diperoleh harus segera disampaikan saat itu juga jangan menunggu beberapa hari baru disampaikan , jika hal tersebut dilakukan berita tersebut akan menjadi semacam berita basi.

2.Urgensi

Berkaitan dengan penting atau tidaknya berita tersebut ditulis.

3.Signifikansi


Memiliki kepentingan/pengaruh yang luas terkait dengan penulisan berita tersebut. Contohnya adalah berita mengenai kenaikan harga BBM, dimana dengan adanya isu mengenai kenaikan harga BBM ini berdampak pada sektor-sektor yang lain.

4.Keunikan

Terkadang berita yang kita tulis juga harus memiliki keunikan tersendiri untuk menarik minat pembaca. Dimana keunikan tersebut adalah sesuatu yang jarang dilakukan dan hanya pada saat tertentu saja. Semisal ada berita tentang ujian SNMPTN tulis, kita dapat menuliskan sisi lain dari ujian tersebut untuk menjadi suatu keunikan ,seperti banyak pedagang kaget yang tumpah ruah saat ujian tersebut dilakukan.

5.Faktual


Mengandung artian bahwa berita yang ditulis berdasarkan fakta yang ada dilapangan, tidak mengada-ada. Selain itu fkta yang ada hendaknya kita tulis secara detail, tanpa ada pengurangan sedikitpun karena jika ada pengurangan fakta dilapangan maka dapat membuat pembaca menjadi multi tafsir terhadap berita yang kita sampaikan.

6.Ketokohan

Terkadang dalam penulisan berita kita juga dapat menyelipkan penulisan mengenai ketokohan. Semisal Jokowi yang sedang melakukan blusukan ke perkampungan kumuh di Jakarta dan dari blusukan itu kita angkat profil Jokowi, dengan keunikan gaya kepemimpinannya yang berbeda dengan tokoh-tokoh pemimpin yang lain.

7.Kedekatan.

Kedekatan disini berkaitan dengan siapa yang akan membaca berita yang kita tulis dan ada keterikatan atau kedekatan kepentingan atau tidak dengan berita yang kita sampaikan. Contohnya adalah kita menulis berita tentang Dies Natalis Kehutanan yang ke-51, maka jika tulisan tersebut dibaca oleh alumni dari fakultas kehutanan masih ada sangkut pautnya, namun jika berita tersebut diakses juga oleh tukang becak, maka yang akan menjadi pertanyaan adalah hubungannya si tukang becak dengan membaca berita mengenai Dies Natalis Kehutanan apa, dan apa keuntungan dari tukang becak membaca berita tersebut.

Karakteristik lainnya :
1.  Strukturnya piramida terbalik
Dalam artian teras berita (lead) berupa summary lead, artianya unsur berita what (apa), who (siapa), where (dimana), when (kapan) diletakkan dalam lead. Sedang unsur how dan why diletakkan dalam tubuh berita (news body), bila dimungkinkan juga menyajikan fakta-fakta tambahan yang dianggap perlu, sehingga kalau dipandang perlu untuk di ‘cut’ maka tidak akan mempengaruhi isi berita.
2.  Deskripsinya lugas, hanya mengemukakan fakta-fakta yang perlu untuk kejelasan berita.
3.  Irama atau lenggang cerita terkesan terburu-buru.

2.3 Jenis – Jenis Straight News

Straight News dibedakan menjadi dua yaitu:
a. Hard News
Hard News yaitu berita yang penting atau signifikan bagi sejumlah besar orang. Contohnya berita kegiatan pemerintah, politik, hubungan internasional, pendidikan, agama, DPR, Pengadilan.
b. Soft News
Soft News yaitu berita-berita yang menyangkut kemanusiaan serta menarik bagi banyak orang. Contohnya kisah-kisah jenaka, kebutuhan biologis, keanehan.


2.4 Teknik Penulisan Straight News
Salah satu elemen penting dalam straight news yang tidak boleh kita lupakan adalah mengenai penulisan judul berita. Terkait dalam penulisan judul dalam straight news ada beberapa hal yang harus dicermati agar kita tidak sembarang memilih judul untuk suatu straight news yang kita tulis, yaitu :

1. Judul harus mewakili isi berita

2. Menarik pembaca

3. Menggunakan bahasa yang sesuai dengan apa yang diberitakan (langsung to do point) jangan sampai membuat pembaca berimajinasi dengan judul yang di tulis.

Dalam pembuatan berita langsung atau straight news ada beberapa proses yang dapat dilakukan dalam menggali informasi dalam penulisan berita, yaitu :

1. Pengamatan langsung

Jadi untuk mendapatkan informasi dalam penulisan berita kita dapat langsung mengamatinya. Contohnya adalah kemacetan, kita dapat langsung mengamati kemacetan yang terjadi dan kemudian mendeskripsikannya.

2. Wawancara

Selain pengamatan langsung kita juga dapat melakukan wawancara secara langsung dengan narasumber yang terlibat dengan peristiwa tersebut. Dengan melakukan wawancara dengan beberapa narasumber maka kita dapat menguraikan peristiwa yang terjadi.

3. Penggalian data (file, dokumen, dll)

Kita dapat melakukan penggalian dokumen atau data file yang berkaitan dengan berita yang akan kita tulis dimana dengan penggalian data tersebut akan menjadi suatu penguat atau landasan yang kuat terhadap berita yang akan kita tulis.

TEKNIK MENULIS STRAIGHT NEWS
Judul berita:
Sampaikan pesan umum dari isi berita pada judul Anda. Perhatikan efektifitas kata-kata. Judul berita yang baik adalah yang informatif dan cerdas, sejauh kecerdasan tulisan tidak mengaburkan fakta atau informasi yang ingin disajikan dalam berita itu sendiri.

Teras berita (atau lead):
Kalimat pertama dalam berita, merupakan salah satu bagian yang terpenting dalam berita. Gunakan teras berita sebagai pemicu bagi pembaca untuk meneruskan bacaannya hingga kepada isi dan akhir berita yang Anda buat. Untuk itu, menyajikan teras berita yang tepat dan menarik menjadi penting.

Kutipan langsung:
Kutipan pada dasarnya yang berperan memberikan “kehidupan” ke dalam sebuah berita. Tapi penulisan kutipan langsung perlu kecermatan. Kita harus bisa memilah pernyataan mana yang akan kita tuliskan sebagai kutipan langsung dan mana yang tidak. Relevansi adalah kuncinya. Jangan sertakan kutipan langsung yang tidak relevan. Selain itu, juga diperlukan aspek cita rasa bahasa di sini. Jangan sampai kutipan yang digunakan justru menjadikan alur cerita menjadi janggal atau bahkan kering.

Kutipan tidak langsung:
Digunakan ketika sebuah pernyataan penting untuk diinformasikan dan tetap merujuk kepada narasumber tertentu. Perlu diperhatikan apa bedanya kutipan tidak langsung ini dengan kutipan langsung.

Piramida terbalik:
Berita lempang (straight news) menggunakan metode penulisan piramida terbalik. Maksudnya adalah kita menyajikan informasi yang paling penting di bagian teratas suatu berita—karena biasanya pembaca akan berhenti membaca pada beberapa paragraf awal berita saja, oleh karena itu pastikan bahwa mereka sudah mendapatkan informasi yang penting di bagian awal berita tersebut. Taruh bagian yang dianggap kurang penting pada bagian akhir berita. Jangan masukkan informasi yang tidak penting ke dalam berita sama sekali.

Panjangnya paragraf:
Gunakan paragraf sesingkat mungkin. Satu, dua, atau tiga kalimat dalam satu paragraf sudah cukup. Paragraf yang terlalu panjang membuat pembaca bosan atau malas untuk membacanya. Jika memang informasi yang ingin disampaikan lumayan banyak sebaiknya dipecah saja menjadi paragraf yang lain.

Objektivitas:
Pembaca sama sekali tidak tertarik dengan opini wartawan terhadap suatu peristiwa atau fakta. Sebaik mungkin hilangkan posisi Anda sebagai penulis dalam berita Anda. Jangan pernah tunjukkan opini Anda dalam tulisan. Setiap klaim atau opini yang disajikan harus merujuk atau dirujukkan kepada orang lain atau narasumber Anda. Biarkan fakta atau narasumber yang berbicara, bukan wartawannya.

2.5 Contoh Straight News
Berikut adalah contoh straight news yang dibuat oleh penulis : 

Usai Nobar Piala Presiden, Sejumlah Fasilitas Rusak
Akibat acara nobar Piala Presiden yang diselenggarakan di Alun-Alun Bandung, pada Minggu (18/10) malam menyisakan sejumlah persoalan. Sejumlah fasilitas yang ada di Alun-Alun rusak. Banyaknya fasilitas yang rusak menimbulkan ketidaknyamanan bagi masyarakat yang sering berkunjung ke Alun – Alun.
Pemkot Bandung menyediakan 5 titik tempat yaitu : Alun – Alun, Cikapundung, Lapangan Sidolig, Taman Ujungberung, dan Taman Film. Acara tersebut terlaksana atas bentuk kebanggaan dari warga Bandung yakni tim kesayangan mereka, bobotoh Persib masuk final Piala Presiden dan akhirnya menjadi juara. Selain itu, acara tersebut juga merupakan upaya untuk mengantisipasi kericuhan dari para suporter, demi keamanan kota Bandung.
Namun, setelah acara selesai, muncul permasalahan baru. Diantaranya rusaknya sejumlah fasilitas di taman serta menumpuknya sampah di berbagai titik. “Pada saat acara selesai, kami siap terjun membersihkan sampah-sampah yang berceceran di taman, malam itu juga dalam waktu 2 jam bersama tim gabungan. Alhamdulillah taman bersih kembali, walaupun ada tanaman yang rusak, untuk itu kita sudah melapor ke Dinas Pertamanan supaya diganti kembali, begitupun dengan kondisi atap masjid sudah bersih kembali dan tidak ada kerusakan” ujar Kanit Satlinmas, Wagiyo Suryanto.
Pihaknya berharap untuk kedepannya jika diadakan lagi acara yang sama, tidak menggunakan lokasi di titik-titik rawan seperti Alun-Alun Bandung, selain kapasitas yang tidak memadai, Ia sangat menyayangkan rusaknya sejumlah fasilitas yang sudah dibangun sedemikian bagusnya. Selanjutnya akan dilakukan evaluasi dengan PEMKOT setempat untuk menyelesaikan permasalahan ini.






REFERENSI :
Sumadiria, AS Haris. 2005. Jurnalistik Indonesia : Menulis Berita dan Feature. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
https://rizaljurnalistik.wordpress.com/2014/02/05/tugas-menulis-berita-straight-news-dan-features-news-mata-kuliah-jurnalistik-2/
http://jurnalistikpraktis.blogspot.co.id/2015/04/jenis-jenis-berita-straight-news-hingga-investigasi.html
http://richianyan.blogspot.co.id/2012/05/teknik-penulisan-berita-straight-news.html





2 komentar:

  1. Situs togel terpercaya yang benar-benar membayarkan hadiah kemenangan dengan uang asli hanyalah situs daftar togel toto terpercaya kami, Laetoto. Provider kami terlah terbukti di banyak kalangan bettor dengan daftar togel terbanyak, ribuan orang tertarik untuk bergabung dan daftar togel kami setiap harinya. Karena hanya di tempat judi togel kami orang-orang bisa membawa kemenangan jutaan rupiah dengan mudah, jadi tidak heran jika semua kalangan remaja dan orang dewasa berebut untuk memasang angka taruhan. Bagi kalian pemain pemula agen kami merupakan pilihan terbaik.

    BalasHapus